Sampul Buku “Jejak Langkah IDF 1992-2018”. Designer: Rio Saja

Pada Senin, 2 Desember 2018 yang lalu saya dipercayakan untuk memoderatori diskusi buku Jejak Langkah IDF 1992-2018. Diskusi tersebut diadakan di Auditorium Institut Kesenian Jakarta, Kompleks Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat. Buku yang dimaksud sendiri sesungguhnya belum beredar. Namun, hampir 70% dari isi buku sudah ditulis. Diskusi yang diadakan dimaksudkan untuk menjaring masukan-masukan dari para insan tari khususnya dan pemerhati kebudayaan umumnya.

Memoderatori Diskusi Buku “Jejak Langkah IDF 1992-2018”

Yang hadir sebagai pembicara peluncuran buku itu adalah Putu Fajar Arcana (penulis dan redaktur senior Harian Kompas), Gita Hastarika (Direktur Yayasan Kelola), dan Yola Yulfianti (koreografer dan Komite Tari Dewan Kesenian Jakarta).

Moderator dan Para Pembicara

 

Gita Hastarika yang didaulat sebagai pemapar pertama menekankan perihal tata kelola yang dipraktikan IDF serta posisi IDF di dalam kancah tari kontemporer, baik Indonesia mau pun global. Sedangkan Putu Fajar Arcana banyak memberi masukan kepada penulis buku dan terkhusus menekankan perihal peran IDF sebagai sebuah festival tari di dalam konteks kehidupan sosial budaya yang lebih luas. Sebagai penari dan koreografer, Yola Yulfianti berbagi pengalamannya berkenalan dengan IDF serta menekankan peran IDF untuk penari dan koreografer. Ia menyoroti pula perihal konsep seleksi para koreografer yang tampil di IDF; dari yang bebas saja, lantas ada artistik board, dan lalu kemunculan kurator.

Julianti Parani (Budayawan, Koreografer dan Penari Senior) Memberikan Pendapatnya Pada Diskusi Buku “Jejak Langkah IDF 1992-2018”. Tampak di Samping Beliau Tom Ibnur (Pengajar Tari serta Koreografer dan Penari Senior)
Gandung Bondowoso, Pengajar di Institut Kesenian Jakarta dan Penyelaras Akhir Buku “Jejak Langkah IDF 1992-2018” Turut Memberikan Pendapat di Dalam Diskusi
Perwakilan Tim Penulis Buku Menanggapi Masukan dan Pertanyaan dari Para Pembicara dan Peserta
Seno Gumira Ajidarma, Rektor IKJ, Memberikan Beberapa Masukan untuk IDF Terkait Buku yang Didiskusikan
Suasana Diskusi dari Arah Depan
Suasana Diskusi dari Arah Samping
Suasana Diskusi dari Arah Belakang
Moderator, Pembicara, Para Direktur IDF dan Beberapa Peserta Berfoto Bersama di Penghujung Acara

*Catatan: Semua foto di sini bersumber dari Dokumentasi Indonesian Dance Festival.

Please follow and like us:

Post Comment

RSS
Instagram